Realitas-realitas pendidikan yang menjadi objek kajian filsafat
pendidikan antara lain:
- Hakikat manusia ideal sebagai
acuan pokok bagi pengembangan dan penyempunaan.
- Pendidikan dan nilai-nilai yang
dianut sebagai suatu landasan berpikir dan memengaruhi tatanan hidup suatu
masyarakat.
- Tujuan pendidikan sebagai arah
pengembangan model pendidikan.
- Relasi antara pendidik dan
peserta didik sebagai subjek dan subjek.
- Pemamahaman dan pelaksanaan
kurikulum dalam pendidikan.
- Metode dan strategi pembelajaran
yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik.
- Hubungan antara lembaga
pendidikan dengan tatanan masyarakat dan organisasi serta situasi sosial
sekitar.
- Nilai dan pengetahuan sebagai
aspek penting dalam pengajaran.
- Kaitan antara pendidikan dengan
kelas sosial dan kenaikan taraf hidup masyarakat.
- Aliran-aliran filsafat yang dapat
memberikan solusi atas masalah pendidikan.
Pada dasarnya filsafat pendidikan membicarakan
tiga masalah pokok. Pertama, apakah sebenarnya pendidikan itu. Kedua, apakah
tujuan pendidikan yang sejati. Ketiga, dengan metode atau cara apakah tujuan
pendidikan dapat tercapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar